Senin, 13 Oktober 2014

Kenapa Rohis? Part I


Syahadat On The Road - Kalo kita mikir, kenapa  sih kok kita milih ekskul Rohis (walau ada juga yang dobel ekskul). Apasih hebatnya ekskul Rohis? Ah paling-paling ngaji doang isinya. Atau dengerin ceramah demi ceramah yang buat mata ngantuk.. hhe

Kalo dari singkatan nya sih, ROHIS udah jelas banget. ROHANI ISLAM. Jadi ekskul ini hanya untuk siswa siswi yang beragama Islam doang. Atau kalo yang mau Islam bisa ngobrol2 sama anak Rohis. :D. Walau sebenernya bukan cuma rohani aja sih yang diurusin. Ada jasad yang juga diperhatiin, dan fikiran yang terus diasah. Tapi biar namanya beken ya disingkat  “ROHIS” aja. Coba kalo “Rohani, Fisik, Fikiran Islam” disingkatnya jadi “Rofifiis”, kan jadi kaya nama tetangga gue.. hhe

Nah kita balik lagi, kenapa sih Rohis?


Pertama, Allah SWT berfirman “Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah” (QS. Ali 'Imran : 110)

Pada hakikatnya kita selaku umat islam adalah umat yang terbaik, selama kita beramar makruf dan nahyi munkar, serta beriman kepada  Allah. Nah pertanyaan nya adalah, adakah ekskul lain yang seluruh programnya berorientasi untuk menambah keimanan pada  Allah, bersama2 untuk memperbaiki akhlak, serta menyuruh pada yang baik dan menjegah kemunkaran selain Rohis? Kalo ada  Alhamdulillah. Kalo gak ada, inilah Rohis  yang  dengan kesungguhan ingin membentuk pribadi2 kita menjadi pribadi terbaik DI MATA ALLAH.

Kedua, ente mau masuk syurga? Jelas. Maka apa yang harus dilakukan oleh kita untuk meraih syurga adalah memperbanyak amal sholeh. Lalu beristiqomah dengan nya. Terkadang  yang menjadi masalah  kita untuk beristiqomah adalah ketiadaan teman untuk bersama-sama beramal sholeh dan mengingatkan untuk beramal sholeh. Nah Rohis itu berisi orang2 yang punya tujuan Akherat. Didalamnya terdapat orang2 yang merindukan syurga, sehingga mereka sama-sama memperbaiki dirinya dan juga memperbaiki orang lain lewat ekskul ROHIS. 

Memang para anggota  Rohis bukanlah manusia yang sempurna, tapi mereka selalu punya niat, tekad, dan cara untuk senantiasa memperbaiki diri. Dan disinilah ROHIS menjadi berharga. Didalamnya terdapat teman2 yang selalu mengingatkan ketika kita bersalah, dan sama2 berjuang untuk selalu beramal Sholeh. Bahkan Rasul membanggakan seorang pemuda yang hatinya terpaut pada Masjid dan Allah menganugerahkan padanya sebuah “Naungan dihari (kiamat) ketika tak ada naungan lagi selain Naungan Allah”

Ketiga, Allah SWT berfirman, Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar, merekalah orang-orang yang beruntung”. Ali Imran : 104. 

Kata-kata hendaklah itu merupakan anjuran Allah kepada umat Islam, bisa diarikan sebagai kewajiban. Artinya kita diwajibkan berdakwah kepada orang lain untuk mengajak pada Islam. Nah ROHIS hadir sebagai tempat berkumpulnya para pelajar yang ingin menunaikan kewajiban berdakwah. Disana di laksanakanlah program2 yang menunjang kewajiban dakwah. 

Nah, ketiga hal ini merupakan alasan syar’i kenapa ROHIS layak kita pilih dan layak kita pertahankan sebagai #EkskulPilihanKita. Selamat berjuang di Rohis, dan semoga makin banyak Pelajar Muslim yang bergabung di Ekskul Rohis. 

#SalamAntiMainStream #MnF




Jangan Lupa Komennya ya..!!! ^^