Selasa, 18 Desember 2012

Manajemen Organisasi


oleh: Muhammad Nurfadli
Syahadat on the road - Pada dasarnya semua kegiatan dan aktivitas seharusnya disandingkan dengan kata manajemen. Karena setiap aktivitas yang termanajemen akan memberikan hasil yang konkrit dan maksimal. Ia akan memberikan hasil yang jelas sesuai dengan tujuan yang telah digariskan. Selanjutnya ia akan menciptakan Pola yang teratur sehingga memberikan kemudahan dalam pelaksanaan dan memberikan kecepatan pekerjaan. Semua ini tak dapat dicapai bila dilakukan dengan serampangan atau acak-acakan. Semua ini dapat direalisasikan bila setiap pekerjaan kita termanajemen dengan baik dan rapih.

Manajemen itu sendiri berasal dari kata “manus” yang berarti “tangan”, berarti menangani sesuatu, mengatur, membuat sesuatu menjadi seperti yang diinginkan dengan mendayagunakan seluruh sumber daya yang ada. Sedangkan menurut Robbin dan Coultard (1992) manajemen adalah suatu proses untuk membuat aktifitas terselesaikan secara efektif dan efesien dengan dan melalui orang lain. Secara ringkas, manajemen adalah proses pengaturan. Pengaturan hal-hal yang tersedia untuk menghasilkan karya-karya/hasil yang kita inginkan. Manajemen yang baik harus berada pada koridor tanggung jawab yang utuh. Sehingga manajemen yang diterapkan tidak memberikan pengaruh negatif bagi lingkungan sekitar.
Dalam ruang lingkup organisasi, hadirnya manajemen sangatlah penting. Karena ia mampu mewujudkan impian organisasi lewat upaya-upaya perencanaan yang teroganisir. Adapun dalam organisasi, manajemen tersebut dapat dikelompokan menjadi dua macam. Antara satu dengan yang lain saling mempengaruhi. Dua hal tersebut adalah manajemen SDM (Sumber Daya Manusia) dan manajemen sistem keorganisasian. Manajemen SDM ditujukan kepada pengendara yang berada dalam organisasi tersebut. Sedangkan manajemen sistem keorganisasian ditujukan pada kendaraan itu sendiri. Dalam sebuah analogi, dua manajemen tadi dapat diibaratkan seseorang yang membawa bahan makanan kesuatu daerah. Manajemen SDM tersebut mengatur si pembawa agar mampu membawa bahan makanan tersebut. Dan manajemem sistem keorganisasian ibarat roda yang menjadikan jalannya si kendaraan menjadi lancar dan cepat. 

Manajemen yang pertama yakni manajemen SDM (Sumber Daya Manusia). Keadaan para awak organisasi sebagai pembawa organisasi menjadi sangat penting dilakukan. Bila si-pembawa gerobak tadi adalah orang yang lemah dan kurang bertenaga, maka fungsi manajemen SDM adalah untuk menguatkannya lewat berbagai sarana. Manajemen SDM ini mampu menciptakan model-model manusia unggul yang mempunyai kelebihan pengetahuan dan kelebihan strategi. Sehingga organisasi dapat berjalan dengan mantap karena dibawa oleh orang-orang yang tepat. Manajemen SDM ini mencakup pengaturan pengetahuan, skill, cita-cita, tekat dan pengorbanan dari para awak organisasi. 

Manajemen SDM harus mampu mengatur agar pengetahuan setiap awak organiasi berkembang baik, mereka harus paham mengapa mereka ada di organisasi ini, untuk apa, dan mengapa organisasi ini penting untuk dijalankan. Selanjutnya manajemen SDM harus bisa meningkatkan skill dari awak organisasi sesuai dengan yang diperlukan dan menjadi tenaga-tenaga profesional di bidangnya. Lalu manajemen SDM juga harus mampu mengatur cita-cita awak organisasi. Dimana cita-cita mereka harus tinggi dan mampu membawa organisasi yang mereka tempati menuju kegemilangan karya. Manajemen SDM harus mampu mengatur tekad awak organisasi lewat berbagai sarana. Mereka harus mempunyai tekat yang kuat, semangat yang membara, tahan banting, dan kobaran api juang yang besar. Tekat ini yang menjadi keunggulan organisasi agar dapat bertahan sampai waktu yang panjang.

Manajemen yang kedua adalah manajemen Sistem Keorganisasian. Sebuah gerobak yang tidak punya roda akankah ia dapat berjalan? Tentunya DAPAT. Namun dalam waktu berapa lama? Tentunya dalam waktu yang sangat lama untuk mencapai tujuan. Manajemen sistem keorganisasian ini mengatur agar gerobak mempunyai roda yang baik, agar pembawa gerobak dalam waktu yang singkat dapat membawa barang ke tujuan yang diinginkan. Setiap kali roda rusak maka “Manajemen Sistem Keorganisasian” akan memperbaikinya. Seperti itulah pentingnya manajemen yang kedua ini. Dalam hal ini, manajemen sistem Keorganisasian mengatur  empat hal pokok. Bentuk Organisasi (sampai pada hirarki struktur kepengurusan di dalamnya), tugas pokok dan fungsi dari setiap lembaga/departemen di organisasi tersebut, tahapan kerja yang harus dilakukan, dan mekanisme syuro atau rapat.

Manajemen Sistem Keorganisasian (MSK) ini mengatur bagaimana bentuk dari organisasi tersebut. Akankah ia menjadi organisasi sosial, atau organisasi yang lainnya. Departemen apa saja yang ada di dalamnya. Kemudian penamaan setiap punggawa organisasi (exp: ketua umum, presiden, pemimpin puncak, direktur, dsb). Selanjutnya MSK harus mampu mengatur tugas pokok dan fungsi yang musti dikerjakan oleh tiap lembaga/departemen di dalam organisasi tersebut. Hal ini dilaksanakan agar setiap lembaga/departemen mempunyai arah tugas yang jelas, dan untuk menghidari terjadinya saling tumpang tindih tugas antar lembaga/departemen. Lalu MSK juga mengatur tahapan kerja dari organisasi tersebut sehingga semua pekerjaan yang dilakukan dapat menghantarkan pada tujuan yang diharapkan bersama. Dan terakhir MSK juga harus mengatur mekanisme syuro/rapat dalam organisasi tersebut. Hal ini sangat penting dilakukan agar setiap syuro yang digelar mampu menghasilkan keputusan-keputusan strategis bagi pencapaian tujuan organisasi. Syuro diatur sedemikian rupa, dari jenis-jenis syuro, cara pengambilan keputusan syuro, sampai pola perlakuan bagi orang-orang yang melaksanakan hasil syuro dengan serius (reward) dan juga bagi para pembangkang terhadap keputusan syuro (punishment).

Sedemikian pentingnya dua hal ini (manajemen SDM dan manajemen sistem keorganisasian) membuat keduanya bagai dua sisi mata uang. Ia berdampingan dan tak terpisahkan. Barang siapa mengambil salah satunya dan meninggalkan yang lainnya akan membuat organisasi yang dinaunginya menjadi berantakan, tak berkembang, bahkan menjadi mati di tengah jalan.




Jangan Lupa Komennya ya..!!! ^^