Selasa, 08 Mei 2012

Jadi Pelajar Sukses itu Mudah


Pelajar kalo gak sukses, TERLALU..hehe. Begitu kata bang Haji Rhoma Irama. Kalaupun belum sukses, seyogyanya sebagai seorang pelajar kita punya kemauan untuk menjadi pelajar yang sukses. Kalau kemauan aja gak ada, sekali lagi SUNGGUH TERLALU. Dalam melihat kesuksesan sebagai seorang pelajar,  setidaknya sukses itu meliputi tiga hal. Yakni, sukses dalam hal akademik, sukses dalam menjalin hubungan insani, dan sukses dalam mengenali diri sendiri. Untuk itu, kita harus menjadi pelajar “Jupe Day”. Apa itu??

Jujur. Mana ada orang yang suka dibohongin. Setiap orang ingin memiliki teman yang jujur. Maka bila ingin menjadi pelajar sukses, kita wajib jadi orang yang jujur.
Dengan sikap jujur, kita membangun rasa percaya pada lingkungan kita. Dari rasa percaya inilah akan muncul kepercayaan diri. Sehingga kita mampu melejitkan potensi kita dan menjadi pelajar yang sukses.

Peduli. Sikap ini lebih kepada bagaimana kita menjalin hubungan dengan orang lain. Kita dituntut untuk merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain. Turut membantu menyelesaikan masalah orang lain. Bila semua pelajar saling peduli dengan pelajar lainnya, maka semua beban yang terpikul akan terasa ringan. Dan dengan demikian kita mampu menjadi palajar yang sukses.

Disiplin. Tiada kesuksesan tanpa kedisiplinan. Ungkapan itu benar adanya. Karena semua hal yang tidak tertata akan melahirkan sesuatu yang sia-sia. Tips yang satu ini, menekankan kepada bagaimana kita dapat mengelola potensi kita. Orang yang disiplin akan melahirkan pancaran kharisma yang mantap. Coba, lihat aja bapak-bapak TNI. Badannya tegap, sikapnya tegas, dan disiplin dalam melaksanakan sesuatu. Kita tentunya melihat mereka dengan tatapan yang segan bukan. Itulah kelebihan lain dari seorang pelajar yang disiplin. Selain akan memudahkan dirinya melaksanakan sesuatu karena teratur, ia juga akan disegani orang karena kedisiplinannya.

Rajin. Rajin itu pangkal pandai. Kalo mau jadi pelajar sukses kudu rajin. Rajin membaca buku, dan rajin mengulang kembali pelajaran yang telah dipelajari. Kita harus mampu mengatakan “I’m not a lazier” or “gueh bukan pemalas”. Sosok pelajar yang rajin tentunya akan dicintai banyak orang dan ditauladani. Kunci dari sikap rajin ini adalah bagaimana kita dapat disiplin atas tanggung jawab kita sebagai seorang pelajar. Dan agar Rajin ini ada dalam diri kita, ada satu rumus yang mesti dikerjakan yakni “jangan menunda-nunda”.

Yakin. Tips terakhir yang merangkum semuanya adalah berada pada KEYAKINAN. Yang membuat seseorang gagal, berawal pada ketidakyakinannya pada kesuksesan. Yang membuat seorang cacat dapat memecahkan rekor dunia, karena ia yakin bahwa ia bisa. Begitu juga dengan kita, kita harus meyakini bahwa kita mampu menjadi seorang pelajar yang sukses. Yakin dengan segenap jiwa. Dan keempat tips diatas akan runtuh bila keyakinan belum kita miliki. So, yakinkan diri dan jadilah pelajar yang sukses dengan “Jupe Day” (Jujur, Peduli, Disiplin, Rajin, dan Yakin). Semoga bermanfaat.(mnf)



Jangan Lupa Komennya ya..!!! ^^