Rabu, 02 Januari 2013

Penasihat Bijak

Syahadat on the road - Seorang raja  mempunyai penasehat yg bijak. penasehat ini selalu berkata pada setiap kejadian yg terjadi “ini yang terbaik”.

Suatu hari raja ingin berburu ke hutan. diajaknya si penasehat dan pengawal2nya ikut. mereka masuk jauh ke dalam hutan. hingga suatu ketika, raja melihat seekor rusa. dengan terburu2 raja menyiapkan panahnya. namun, karena tdk hati2, ujung panah yang tajam memotong ujung jari telunjuknya.raja mengerang kesakitan, penasehat dan pengawal pun sibuk menolongnya. sambil menolong raja, si penasehat berkata padanya, “ini yg terbaik”.

Betapa marahnya raja mendengar itu. maka ia lsg berkata kepada pengawalnya, “tangkap penasehat, bawa ia pulang, dan masukkan ke dalam penjara”. lalu raja kembali melanjutkan perburuan. ia dendam kepada rusa yg dianggapnya telah menjadi penyebab jarinya terputus. raja dan pengawal2nya mencari rusa tersebut hingga jauh ke dalam hutan. melewati batas yg biasanya. hingga mereka memasuki daerah yg asing.

Tiba2 raja dan pengawal2nya dikepung oleh orang2 baduy yg tinggal disitu. ditangkap dan dibawalah mereka menuju kepala suku. kepala suku lsg menemui dan memeriksa mereka satu per satu. rupanya suku ini kanibal. dan mereka akan menyantap raja beserta pengawalnya.

Ketika ia memeriksa raja, kepala suku melihat jari raja yg putus. dan ia memutuskan utk melepaskan raja, karena tidak mau menyantap orang yg sudah cacat. maka dgn penuh syukur dan kegembiraan, raja lari pulang ke kerajaannya.

Ia teringat ucapan penasehatnya. dan ia memutuskan utk membebaskan si penasehat. Ini yang terbaik.




Jangan Lupa Komennya ya..!!! ^^